5 Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan, Atasi Jerawat hingga Anti-penuaan

Tanaman bidara (Ziziphus) diketahui memiliki banyak manfaat. Selain buahnya yang bisa dibuat menjadi manisan, daunnya pun bisa dijadikan sayur serta bahan pengobatan dengan air rebusannya.

Selain itu, daun dari tumbuhan ini juga memiliki khasiat untuk mempercantik kulit, lho Bun. Sehingga tidak heran beberapa produk kecantikan memilih daun ini sebagai salah satu kandungannya.

Ekstrak atau bubuk daunnya sering digunakan untuk mengobati berbagai iritasi dan radang kulit, termasuk psoriasis, eksim, dan jerawat. Ditambah lagi, daun ini dapat membantu mengurangi munculnya keriput dan mengatasi bekas luka.

Manfaat bagi kulit

Kulit mengalami kerusakan diakibatkan oleh polusi, bahan kimiawi, sinar matahari berbahaya, dan berbagai hal lainnya. Dengan begitu, kulit membutuhkan perawatan dan nutrisi yang konstan.

Dilansir dari sejumlah sumber, untuk memenuhi kebutuhan kulit tersebut, maka daun bidara hadir dengan beragam manfaat sebagai berikut ini:

1. Anti-bakteri

Ekstrak bidara memiliki sifat anti-bakteri, sifat ini membantu dalam menghilangkan jerawat dan infeksi kulit lainnya sehingga membantu untuk memiliki kulit yang bersih dan cerah.

2. Anti-penuaan

Tanaman ini mengandung banyak antioksidan. Seperti yang kita ketahui antioksidan membantu dalam melindungi kulit kita dari berbagai faktor berbahaya seperti radiasi UV dan polusi.

Selain itu, antioksidan juga dapat membantu untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput, noda dan lainnya. Di samping itu, juga menjaga kulit agar bersinar dan awet muda.

Baca Juga : Lepaskan Penyakit Ain Dengan Terapi Teh Daun Bidara

3. Peremajaan kulit

Minyak daun bidara berperan penting untuk meremajakan kulit. Ini membantu dengan menghilangkan kotoran, mengangkat sel-sel kulit mati dan bintik-bintik hitam, sehingga dapat mengembalikan kulit menjadi terlihat lebih muda dan sehat.

Sementara kandungan vitamin C dalam daun bidara memiliki sifat antioksidan dan memainkan peran penting dalam sintesis kolagen. Khasiat vitamin C ini membantu kita melindungi kulit kita dari sinar UV dan menjadikan kulit kita lebih sehat, cerah, halus dan awet muda.

4. Anti-inflamasi

Kulit rentan terhadap masalah seperti bisul, ruam, dan terbakar sinar matahari. Ekstrak bidara memiliki khasiat menyejukkan yang membantu menyejukkan kulit dari semua ruam dan luka bakar ini. Juga dikenal untuk mengobati bisul, menjadikan kulit yang bersih.

5. Melembapkan kulit

Perubahan iklim atau selama musim dingin akan menjadikan kulit kering dan mengakibatkan ruam. Ekstrak bidara terkenal sebagai obat terkenal untuk mengatasi masalah kulit dengan melembapkan dan memberi nutrisi pada kulit, sehingga mampu mengembalikan kulit menjadi kenyal secara alami yang dan halus.

haibunda.com

Facebook Comments