Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Penyebab asam lambung lebih sering disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, sering mengonsumsi makanan yang memiliki rasa asam, dan pedas. Bahasa awam untuk penyakit asam lambung adalah penyakit maag. Sakit maag adalah gangguan di lambung yang memberikan efek rasa tidak enak di ulu hati, perut kembung, perih, dan mual. Adanya gangguan di lambung disebabkan tidak terkendalinya produksi asam lambung.

Bagi pengidap penyakit asam lambung kronis atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Karena jika salah memilih, malah bisa membuat asam lambung meningkat dan GERD pun kambuh.  Bahkan jika sudah akut, penyakit asam lambung bisa menyebabkan komplikasi pendarahan dan infeksi. Makanya setiap pengidap penyakit asam lambung harus bisa memilah-milih makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Cokelat, makanan pedas, makanan berlemak, buah asam, bawang bombay, bawang putih, dan tomat adalah beberapa makanan yang bisa memicu gejala asam lambung muncul. Beberapa gejala penyakit asam lambung diantaranya mual, muntah, kembung, nyeri di ulu hati, perut panas, atau makanan kembali naik ke kerongkongan (reflux). Tapi memang efek setiap makanan juga bisa berbeda di setiap orang. Makanya untuk mengontrol gejala asam lambung yang mungkin muncul, perlu untuk memperhatikan makanan apa saja yang bisa dikonsumsi oleh pengidap asam lambung.

Berikut daftar 5 makanan untuk asam lambung yang perlu kamu ketahui.
1.  Oatmeal

Bagi pengidap penyakit asam lambung, disarankan memakan oatmeal. Karena makanan ini mengandung serat yang baik untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung. Oatmeal dipercaya bisa menyerap asam lambung sehingga menurunkan gejala reflux. Tidak hanya kaya akan serat, tapi bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

2.  Pisang

Pisang juga baik menjadi makanan untuk asam lambung. Karena kandungan pH sekitar 5,6 di dalam buah ini sangat baik untuk pengidap penyakit asam lambung. Bukan cuma pisang saja, buah lain yang baik untuk dijadikan makanan untuk asam lambung adalah apel, melon, dan pir.

3.  Jahe

Jahe juga dipercaya aman sebagai makanan untuk asam lambung. Karena rempah ini bukan cuma memberikan rasa hangat tapi juga bisa mengurangi risiko naiknya asam lambung. Jahe memiliki kandungan anti-inflamasi yang bisa mengatasi masalah pencernaan, dan bermanfaat sebagai pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag. Cara mengonsumsinya, jahe dipotong atau diparut, lalu dijadikan minuman jahe hangat.

4.  Sayuran Hijau

Makanan untuk asam lambung lainnya yakni sayuran hijau. Kentang, brokoli, selada, timun, buncis, kembang kol, dan asparagus dipercaya bisa membantu menurunkan asam lambung berkat kandungan di dalamnya.

5.  Roti

Roti yang memiliki kandungan gandum atau aneka biji-bijian di dalamnya bagus menjadi makanan untuk asam lambung. Hal ini karena roti jenis ini memiliki kandungan vitamin, serat, dan nutrisi yang banyak dan baik untuk tubuh dan kesehatan lambung.

Selain memperhatikan jenis makanan untuk asam lambung yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari, perlu juga memperhatikan beberapa hal yang bisa mendorong naiknya asam lambung seperti tiduran setelah makan, makan dalam porsi besar atau makan sampai kenyang, mengonsumsi alkohol atau minuman bersoda, dan merokok.

halodoc.com

Facebook Comments