Usir Jin dan Setan, Coba Cara Meruqyah Rumah Secara Syar’i!

Jika anda sering kali merasa tidak tenang di rumah, bisa jadi itu adalah salah satu tanda bahwa rumah anda telah diganggu oleh jin maupun setan.

Lucunya, sebagian orang yang mencari cara meruqyah rumah sering kali salah langkah dan akhirnya malah membuat suasana rumah semakin tidak nyaman.

Memanggil dukun, melakukan ritual-ritual pengusiran setan, dan hal-hal mistis lain bisa jadi malah mengundang hawa negatif yang lebih besar lagi. Untuk itu, jika anda merasakan ada hal yang mengganggu di rumah, anda bisa coba cara meruqyah rumah secara syari saja.

Bagaimana caranya?

Cara Meruqyah Rumah Dengan Bacaan Surat Al-Baqarah

Menurut syariat Islam, cara paling mudah untuk meruqyah rumah dan mengusir jin dan setan pengganggu adalah dengan membacakan surat Al-Baqarah, satu surat penuh.

Cara efektif mengusir gangguan ghaib dari rumah ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

“Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Qur’an adalah surah Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan jika mendengar surah Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya surah Al Baqarah.” (HR. Hakim, dinilai Hasan oleh Syaikh Albani).

Berikut cara meruqyah rumah secara syari dengan surat Al- Baqarah:

  1. Bersihkan rumah dari gambar dan patung makhluk bernyawa (termasuk foto) sebelum memulai cara merukyah rumah.

  2. Surat Al-Baqarah tidak harus dibaca keras, boleh dibaca dengan suara lirih di dalam rumah.

  3. Boleh dibaca secara bertahap, namun lebih baik jika dibaca sekaligus sampai selesai.

  4. Siapa yang mengaji bacaan ruqyah rumah? Tidak harus tuan rumah, bisa siapa saja asal dilakukan di dalam rumah untuk syarat mengusir setan dan jin.

Bacaan Ruqyah Rumah MP3 Apa Bisa Digunakan?

Hal ini menjadi pertanyaan yang sangat sering dilontarkan ketika ada bahasan mengenai cara meruqyah rumah. Dengan kemajuan teknologi, bacaan Al Quran dapat disimpan dalam bentuk audio MP3 dan diputar kapan saja.

Namun, pertanyaannya: apakah bacaan ruqyah rumah MP3 bisa digunakan untuk cara mengusir setan dan jin pengganggu?

Jika kita melihat di cerita-cerita film pada umumnya, hal ini biasa dilakukan. Namun ternyata, rekaman tidak bisa digunakan untuk cara meruqyah rumah.

Mengapa? Saat membaca ayat-ayat Al Quran, dibutuhkan niat. Sementara rekaman yang diputar dengan komputer tidak bisa berniat.

Ketika anda memutar rekaman bacaan Al Quran, maka anda bukan sedang mengaji. Melainkan, anda tengah mendengarkan suara qori yang sudah berlalu.

Cara Menjaga Rumah Bebas Dari Ganguan Jin dan Setan

Setelah melakukan cara meruqyah rumah, tentu saja anda ingin terus terbebas dari gangguan jin dan setan yang merugikan. Bagaimana caranya menjaga rumah kita senantiasa tenang? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga ketentraman rumah.

  1. Rajin baca Alquran dan ibadah di dalam rumah

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

Dalam hadis ini, terdapat anjuran untuk tidak menjadikan rumah seperti kuburan. Seperti yang kita ketahui, kuburan merupakan tempat sepi yang tidak digunakan untuk ibadah sehari-hari.

Sebaliknya, kita dianjurkan untuk meramaikan rumah dengan bacaan Al Quran agar rumah senantiasa menjadi tempat dimana ibadah dilakukan. Dengan begitu, rumah akan jauh dari gangguan jin dan setan.

  1. Jangan pedulikan segala bentuk gangguan jin dan setan

“Janganlah kamu ucapkan ‘celakalah setan”, karena jika kamu mengucapkan demikian, setan akan semakin besar seperti rumah. Lalu setan pun dengan sombongnya mengatakan, ‘Itu semua terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi,  ucapkanlah “Bismillah”. Jika engkau mengatakan seperti ini, setan akan semakin kecil sampai-sampai dia akan seperti lalat.” (HR. Ahmad 5:95 dan Abu Daud 4982 dan dishahihkan al-Albani)

Dari hadis ini kita bisa ketahui, cara ampuh mengusir setan adalah dengan tidak memperdulikannya. Apabila kita memperlihatkan respon yang jelas, apalagi rasa takut atau rasa penasaran, maka setan pengganggu akan semakin senang dan terus menggoda anda.

Ketika anda mendengar atau melihat ada sesuatu yang mengganggu, jangan perdulikan apalagi diajak bicara. Mintalah perlindungan kepada Allah dan berdoa kepada-Nya.

  1. Biasakan baca doa ketika masuk rumah

Yang satu ini mungkin merupakan hal kecil, namun kebiasaan ini penting untuk menjaga rumah dari gangguan setan dan jin. Ketika kita masuk rumah, hendaklah membaca doa terlebih dahulu.

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

Ada doa khusus ketika masuk rumah, akan tetapi doa ini dinilai dhaif oleh al-Albani. Karena itu, makna dzikir kepada Allah adalah membaca basmalah.

  1. Baca doa sebelum makan

“Tapi apabila dia tidak mengingat Allah ketika masuk maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’. Dan jika dia tidak mengingat Allah ketika makan maka setan akan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

  1. Baca doa ketika tutup pintu

“Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” (HR. Bukhari 3304, Muslim 2012 dan yang lainnya)

Salah satu cara mengusir setan dari rumah adalah dengan membaca bismillah dan menyebut nama Allah ketika menutup pintu.

  1. Berdoa ketika keluar rumah

Sudahkah anda hapal doa keluar rumah? Doa keluar rumah sangat singkat dan mudah dihafal: BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH.

Artinya adalah “dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Barang siapa yang keluar rumah kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: Kamu diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi.

  1. Jauhkan rumah dari gambar atau patung makhluk bernyawa

“Sesungguhnya malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada gambar.” (HR. Bukhari 3224, Nasai 5348 dan yang lainnya).

Ketika malaikat penebar rahmat tidak memasuki rumah anda, maka makhluk lain yang akan menggantikan posisi mereka. Gambar dan patung makhluk bernyawa termasuk potret keluarga akan membuat rumah anda menarik di mata setan dan jin pengganggu.

Alangkah baiknya jika rumah dijadikan seperti taman-taman malaikat penebar rahmat, bukan tempat peristirahatan yang nyaman bagi setan.

Hiasi rumah Anda dengan berbagai ketaatan dan amal shaleh. Dengan demikian, yang menemani anda di rumah juga makhluk yang sholeh. Rumah akan bebas dari gangguan jin dan setan yang merugikan.

Sumber : https://www.99.co/id/panduan/cara-meruqyah-rumah-secara-syari

Facebook Comments