Stres Berlebihan Bisa Memicu Sakit Maag

Benarkah stres berlebihan bisa memicu sakit maag? Jawabannya iya! Stres dapat menyebabkan mulas, apalagi kalau kamu memang sudah mengidap maag sebelumnya. Mulas terjadi ketika asam lambung merembes ke kerongkongan.

Ketika makanan ada di perut, tubuh akan melepaskan asam untuk mencernanya. Perut bisa bisa mengatasi asam, tetapi esofagus tidak bisa. Jadi, ketika asam masuk ke kerongkongan, akan ada sensasi terbakar di kerongkongan. Bagaimana stres bisa berpengaruh pada sakit maag? Selengkapnya baca di sini!

Sistem Kerja Otak Sejalan dengan Pencernaan

Apa yang terjadi di otak dapat berpengaruh pada apa yang terjadi di perut. Hanya memikirkan makanan enak bisa membuat perut terlumasi oleh cairan. Begitu juga stres dapat memicu otak untuk merespons stres. Begini cara kerjanya:

Baca juga: Panduan Olahraga Sehat dan Aman Bagi Orang dengan Gejala Maag

1. Respons stres membuat kamu menjauh dari bahaya

Saat stres tubuh menghasilkan hormon yang memperlambat pencernaan membuat makanan bertahan lebih lama di perut. Itu berarti asam lambung memiliki lebih banyak waktu untuk naik ke kerongkongan.

2. Respons stres membuat kamu lebih sensitif terhadap rasa sakit

Stres tidak meningkatkan keasaman cairan lambung tapi, ketika cairan ini kembali ke kerongkongan, kamu menjadi lebih sensitif terhadapnya. Kamu lebih mudah merasakan sakit saat stres termasuk nyeri lambung.

Baca juga: Stres Bisa Sebabkan Naiknya Asam Lambung, Ini Alasannya

Hubungan antara stres dan mulas bekerja timbal-balik. Otak dan sistem pencernaan sangat erat kaitannya sehingga gejala pencernaan dapat memicu respons stres. Stres bisa memperburuk maag begitu juga maag bisa memperburuk stres.

Bagaimana kamu bisa tahu kalau stresmu memperburuk kondisi maag? Ini bisa ditunjukkan ketika kamu mengalami gejala stres lain yang terjadi bersamaan dengan maag. Ini bisa termasuk sakit kepala, leher kaku, sulit tidur, gelisah, kecemasan, lekas marah, dan kesulitan berkonsentrasi.

Cegah Stres Supaya Maag Tidak Kambuh

Mengurangi stres dapat membantu mengurangi gejala maag caranya adalah:

1. Jangan merokok atau minum alkohol karena keduanya Keduanya bisa menyebabkan maag.

2. Berolahragalah. Ini bisa membantu mengurangi stres dan membantu pencernaan.

3. Cobalah ikuti aktivitas yang dapat meredakan stres seperti meditasi, teknik pernapasan dalam, yoga, dan relaksasi.

4. Tidur nyenyak sesering mungkin.

5. Hindari ngemil larut malam untuk menghilangkan stres. Tidur dengan perut kenyang menyebabkan refluks asam dan mulas.

6. Buat beberapa penyesuaian sikap. Cobalah untuk tidak terlalu mengontrol dan lebih menerima kondisi alias tidak memaksakan sesuatu berjalan sesuai dengan kehendakmu.

7. Bicaralah dengan seseorang tentang stres. Hanya curhat pada teman bisa membantu meringankan perasaan. Jika kamu membutuhkan lebih banyak bantuan spesifik, bicarakan dengan dokter.

Baca juga: 3 Bahaya Kopi bagi Penderita Mag

Stres bisa menjadi penyebab utama maag. Namun, ada banyak penyebab lain juga. Ini termasuk kelebihan berat badan, makan makanan yang menyebabkan mulas, minum terlalu banyak kopi, merokok, dan makan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Sumber : halodoc.com

Facebook Comments